Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran

Abstract Views: 1858   PDF Downloads: 1765

Authors

  • Indah Purnama Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
  • Ismail Hanif Batubara Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
  • Al Hamidy Hazidar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
  • Mhd Basri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142

Keywords:

Augmented Reality; Bangun Ruang; Geometri; Media Pembelajaran

Abstract

Bangun ruang atau disebut juga bangun geometri adalah sebuah bangun tiga dimensi yang memiliki ruang dan dibatasi oleh sisi-sisi. Bangun ruang merupakan suatu sifat dari benda-benda konkret yang sering kita temui sehari-hari. Kemajuan teknologi yang pesat di dunia teknologi informasi dan komputer juga berpengaruh pada dunia pendidikan, yang menawarkan berbagai kemudahan dan inovasi. Augmented Reality atau sering disingkat AR adalah teknologi yang mampu menggabungkan keadaan nyata dan maya dalam satu waktu yang ditampilkan secara realtime. Dengan teknologi AR diharapkan dapat memberikan inovasi dan pengalaman belajar yang baru dalam mengenal dan mempelajari bangun ruang, sehingga dapat menarik minat pelajar yang sedang mempelajarinya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suharso, Arie. (2012). “Jurnal Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3d Berbasis Augmented Reality”. Jurnal Informatika. 11. (24): 1-11.

Fajar, Diki. (2014). “Pemodelan 3D Pengenalan Kampus Dengan Menggunakan Augmented Reality (Ar) Pada Universitas Majalengka”. Laporan Tugas Akhir. Fakultas Teknik Universitas Majalengka. April 2015.

Mutiara, Geiska. “Augmented Reality”.. 2010. http://www.haritsthinkso.com/2010/12/augmented-reality-adalah- teknologi-yang.html. April 2015.

Mahanani. “Unsur Multimedia Dalam Pemebelajaran”. Juni 2013. http://www.m-edukasi.web.id/2012/06/unsur- multimedia-dalam-pembelajaran.html. April 2015.

Masbadar. “Pengenalan dan Dasar 3Ds Max”. Januari 2011. http://itcentergarut.blogspot.com/2011/01/pengenalan-dan-dasar-3ds-max.html. April 2015.

Puspasari, Mega. “Unsur-unsur Bangun Ruang’. Mei 2010.

http://www.mikirbae.com/2015/03/unsur-unsur-bangun-ruang.html. April 2015

Saefudin, Mohamad dan Wardahani, Puspa, Ire. (2012). “Penerapan Teknologi Augmented Reality Bidang Pendidikan Untuk Menjelaskan Materi Proses Pembuatan Chip”. Jurnal Informatika. 1-11.

Chafied, Muchammad (2010). “Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality”. Jurnal Informatika. 1-5.

Rizqi. “Pengertian Google Sketchup”. 13 Februari 2013. http://troublemakeranderror.blogspot.com/2013/02/pengertian-google-sketchup.html. April 2015

Azuma, T. Ronald. (1997) “Mendefinisikan ‘’Augmented Reality’’ Sebagai Penggabungan Benda-Benda Nyata dan Maya Di Lingkungan Nyata”. http://www.cs.unc.edu/~azuma. April 2015

Saraswati. “Pengertian Bangun Ruang”. Juli 2013.http://kttsaraswati.blogspot.com/2013/07/pengertian-bangun- ruang-matematika.html. April 2015.

Indrawaty, Youllia, Ichwan, M dan Putra, Wahyu (2010). “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Manusia Menggunakan Metode Augmented Reality”. Jurnal Informatika. 4-4. (2): 1-8.

Sari, I.P., Batubara, I.H., Al-Khowarizmi, A.K., and Hariani. PP. (2022), Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Digital Berbasis Web untuk Mengatur Sistem Kearsipan di SMK Tri Karya, Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1 (1), 18-24.

Sari, I.P., Jannah, A., Meuraxa, A.M., Syahfitri, A., and Omar, R. (2022), Perancangan Sistem Informasi Penginputan Database Mahasiswa Berbasis Web, Hello World Jurnal Ilmu Komputer 1 (2), 106-110.

Sari, I.P., Syahputra, A., Zaky, N., Sibuea, R.U., and Zakhir, Z. (2022), Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan dan Layanan Jasa Laundry Sepatu Berbasis Website, Blend Sains Jurnal Teknik 1 (1), 31-37.

Sari, I.P., Azzahrah, A., Qathrunada, I.F., Lubis, N., and Anggraini, T. (2022), Perancangan Sistem Absensi Pegawai Kantoran Secara Online pada Website Berbasis HTML dan CSS, Blend Sains Jurnal Teknik 1 (1), 8-15.

Batubara, I.H., Raihan, E.A., Tanjung, M.I., Fadlurohman, D., and Can, A. (2022), Pemanfaatan Sistem Informasi dalam Pemesanan serta Digitalisasi Tiket Bus Berbasis Website, Blend Sains Jurnal Teknik 1 (1), 55-61.

Sari, I.P., Al-Khowarizmi, A.K., and Batubara, I.H. (2021), Analisa Sistem Kendali Pemanfaatan Raspberry Pi sebagai Server Web untuk Pengontrol Arus Listrik Jarak Jauh, InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan 6 (1), 99-103

Sari, I.P., Al-Khowarizmi, A.K., and Batubara, I.H. (2021), Implementasi Aplikasi Mobile Learning Sistem Manajemen Soal dan Ujian Berbasis Web Pada Platform Android, IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 3 (2), 178-183.

Sari, I.P., and Batubara, I.H. (2021), User Interface Information System for Using Account Services (Joint Account) WEB-Based, International Journal of Economic, Technology and Social Sciences.

Sari, I.P., Ramadhani, F., and Al-Khowarizmi, A.K. (2021), Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kewirausahaan Pada Aplikasi Perancangan Jual Beli Jamu Berbasis WEB, Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan 2 (1), 874-878.

Sari, I.P., Syafii.R., Lubis, D.F, Setyadi.A., and Nasution.P. (2022), Pemanfaatan Fasilitas Google dalam Perkuliahan di Fakultas Teknologi Informasi, Blend Sains Jurnal Teknik 1 (2), 107-113

Batubara, I.H., Sari, I.P., Hariani, P.P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B.S. (2021), Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2, Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (3), 854-859

Batubara, I.H., Sari, I.P. (2021), Penggunaan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa, Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 398-4

Downloads

Published

2022-12-29

PlumX Metrics

How to Cite

Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar , A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142