Implementasi Algoritma Bubble Sort pada Sistem Pelayanan Perpustakaan Menggunakan Laravel

Abstract Views: 489   PDF Downloads: 431

Authors

  • Aidil Bahri Panggabean Universitas Potensi Utama, Medan
  • Rizki Ramadhan Htb Universitas Potensi Utama, Medan
  • Ira Perina Universitas Potensi Utama, Medan
  • Yunus Lukman Toro Universitas Potensi Utama, Medan
  • Andrian Syahputra Universitas Potensi Utama, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56211/sudo.v2i1.185

Keywords:

Laravel; Sistem Pelayanan Perpustakaan; PHP; Sekolah Menengah Pertama

Abstract

SMP IT Ad-Durah yang berdiri pada tahun 2020 yang terletak di Jalan Marelan Raya No .5 Medan. Lembaga pendidikan islam terpadu ini Mempunyai siswa/i dengan potensi yang tinggi dalam mencapai cita cita masa depan mereka dan mendapatkan pendidikan yang ekstensif dalamsemua aspek kehidupan. Salah satu upaya yang dilakuakan dengan meningkatkan sistem pelayanan Perpustakaan. sistem pelayanan perpustakaan di SMP IT Ad-Durah dalam mengolah data administrasi masih manual, sehingga masih menemukan banyak masalah dan menghambat proses pelayanan para siswa/i.karena masih banyak ditemukannya masalah pada pengolahan data buku dan minimnya informasi terkait buku yang telah di pinjam kepada siswa/i maka dibutuhkan sebuah perangkat lunak untuk mempermudah pustakawan dalam mengolah data perpustakaan dan pelayanan yang di berikan untuk siswa di SMP IT Ad-Durah. Untuk melakukan pembuatan pelayanan perpustakaan dengan framework PHP laravel menggunakan algoritma buble sort ada beberapa tahapan yang harus dilakukan seperti planning, modeling, construction, deployment. Pada tahapan planning membuat rencana untuk membangun sistem pelayanan yg akan di buat, di tahapan modeling merancang dan memodelkan arsitektur sistem yang berfokus pada desain struktur data, selanjutnya tahap construction memulai implementasi berupa menerjemah rancangan dan pemodelan sistem yg akan di buat dan tahap terakhir deployment mengimplementasikan perangkat lunak pelanggan, serta pemeliharaan perangkat lunak berkala Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mempermudah pustakawan dalam meningkatkan sistem pelayanan dan pengelolahan data buku serta memaksimalkan transaksi peminjaman buku , pengembalian buku, serta dapat meringkan siswa dalam mencari buku perpustakaan. System pelayanan yang di bangun menggunakan framework laravel dan menggunakan algoritma Bubble Sort.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Athanasia Octaviani Puspita. "Penggunaan Mobile Library untuk Perpustakaan Digital." Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi 3.2 (2019): 151-155.

Anugrah, Fajar, and Diky Firdaus. "Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Umroh Berbasis Web (Studi Kasus PT Ameera Mekkah Travel Cabang Tangerang)." Format J. Ilm. Tek. Inform 10.1 (2021): 61.

Sulistiani, Heni, and D. Darwis. "Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing (OLAP) pada Data Penjualan (Studi Kasus: CV Adilia Lestari)." J. Coreit 6.1 (2020): 50-56.

Setiawansyah, Setiawansyah, Qadhli Jafar Adrian, and Rilo Nur Devija. "Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience." Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) 11.1 (2021): 24-36.

Sonita, Anisya, and Febrian Nurtaneo. "Analisis Perbandingan Algoritma Bubble Sort, Merge Sort, Dan Quick Sort Dalam Proses Pengurutan Kombinasi Angka Dan Huruf." Pseudocode 2.2 (2015): 75-80.

Aziz, Toha, and Siti Asmiatun. "Penerapan Algoritma Bubble Sort Pada Sistem Perpustakaan Menggunakan Framework Codeigniter." Information Science and Library 3.1 (2022): 24-33.

Firdaus, Iman. "Penerapan Database Terdistribusi Menggunakan Bottom-Up Fragmentation (Studi Kasus Di Aplikasi Rencana Belanja Daerah Kantor Bappeda Kabupaten Kepulauan Meranti)." Jurnal Informasi Komputer Logika 1.2 (2019).

Ronny Setiawan, "ALGORITMA DAN FLOWCHART BUBBLE SHORT DAN SELECTION SORT". https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-framework/, desember. 15, 2021 [5 januari 2022].

Biznetgio, "Mengenal Laravel, Framework PHP untuk membuat Aplikasi Web!". https://www.biznetgio.com/news/apa-itu-laravel, maret. 10, 2020 [5 januari 2022].

Wijonarko, Dwi, and Fajar Wahyu Setyo Budi. "Implementasi Framework Laravel Dalam Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Kota Malang." Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik 2.2 (2019): 35-42.

Sonata, Fifin. "Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer." Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika 8.1 (2019): 22-31.

Downloads

Published

26-01-2023

PlumX Metrics

How to Cite

Panggabean, A. B., Htb, R. R., Perina, I., Toro, Y. L., & Syahputra, A. (2023). Implementasi Algoritma Bubble Sort pada Sistem Pelayanan Perpustakaan Menggunakan Laravel. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.56211/sudo.v2i1.185

Issue

Section

Articles