Aplikasi Absensi Pegawai pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Deli Serdang dengan QR Code Menggunakan Algoritma Bcrypt

Abstract Views: 982   PDF Downloads: 847

Authors

  • Mochamad Dandi Akbar Universitas Islam Sumatera Utara, Medan
  • Antoni Antoni Universitas Islam Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56211/sudo.v1i1.2

Keywords:

Absensi; Web; Database; Bcrypt; QR Code

Abstract

Pengelolaan absensi data pada kantor dinas kominfo kabupaten deli serdang ini masih secara manual dengan tanda tangan pada buku absen. Rekapitulasi kehadiran juga dilakukan secara manual yakni dengan mencatat dan menghitung jumlah pegawai yang hadir, sakit atau tanpa keterangan. Proses rekapitulasi tersebut membutuhkan ketelitian yang tinggi untuk menghindari kekeliruan dalam perhitungan jumlah kehadiran. Selain itu, kelemahan dari absensi manual tersebut dapat terjadi kecurangan yang mungkin dilakukan berupa URL, nomor telepon, pesan SMS, VCard, atau teks apapun. Penelitian ini ini dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan teknologi QR Code berbasis web. QR Code merupakan kode yang mampu menyimpan dan memberikan data dengan respon dengan cepat. Metode yang digunakan adalah Metode Bcrypt yang berfungsi untuk mengenkripsi password agar password menjadi lebih aman dan tidak mudah dibaca oleh orang lain. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi berbasis web dengan jenis website yang digunakan adalah website dinamis dan dengan menggunakan bahasa pemograman yaitu PHP lalu menggunakan database sebagai tempat penyimpanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dennis & Ekawati, N. 2021. "Perancangan Aplikasi Absensi Karyawan Dengan Menggunakan Kode QR Berbasis Android". Jurnal Comasie (4), 107-105.

Prasetyo, D., Fitri, & Rubhasy, A. 2021. "Sistem Absensi Online Berbasis Web Dengan QR Code Secara Real Time Menggunakan Algoritma Vigenere Chiper". Journal of Information Technology and Computer Science (4), 88-96.

Nugraha, M, P. 2011. "Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Data Berbentuk Image". Konferensi Nasional Informatika, 148-155.

Juansyah, A. 2015. "Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android". Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (1), 1-8.

Rubiati, N., & Harahap, S. W. 2019. "Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan QR Code Dengan Bahasa Pemrograman PHP Di SMKIT Zunurain Aqila Zahra Di Pelintung". Seminar Nasional Teknologi dan Bisnis (11) , 62-70.

Downloads

Published

25-03-2022

PlumX Metrics

How to Cite

Akbar, M. D., & Antoni, A. (2022). Aplikasi Absensi Pegawai pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Deli Serdang dengan QR Code Menggunakan Algoritma Bcrypt. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.56211/sudo.v1i1.2

Issue

Section

Articles