Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Abstract Views: 133   PDF Downloads: 134

Authors

  • Aprilinis Ratu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Sumba Timur
  • Alfrian C Talakua Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Sumba Timur

DOI:

https://doi.org/10.56211/sudo.v3i2.529

Keywords:

Augmented Reality; Marker; MDLC; Bangun Ruang sisi Lengkung

Abstract

Perkembangan teknologi dapat memberikan pengaruh besar bagi dunia pendidikan. Salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen virtual yang dapat berupa objek 3D, video, audio, teks maupun animasi. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang yang sisinya melengkung. Salah satunya adalah kurangnya minat belajar siswa. Salain itu, terbatasnya visualisasi yang dilakukan guru juga turut berperan, karena gambaran bangun ruang di papan tulis atau di buku membuat siswa kesulitan membayangkan bentuk sebenarnya dari bangun ruang tersebut. Oleh karena itu, dalam penelitian ini kami mencoba mencari solusi dari permasalahan tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Augmented Reality (AR) berbasis android. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tujuan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi android berbasisis augmentded reality (AR). Aplikasi ini bertujuan untuk memvisualisasikan bentuk-bentuk bangun ruang sisi lengkung dengan lebih interaktif sehingga siswa dapat lebih mudah memahami dan memvisualisasikan bentuk-bentuk tersebut sekaligus meningkatkan minat belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. K. Bulukaya, Y. Ismail, and S. Zakiyah, “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Tingkat Bunga Sederhana Dan Tingkat Bunga Majemuk,” Euler J. Ilm. Mat. Sains dan Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 70–82, 2020, doi: 10.34312/euler.v8i2.10426.

A Sidik Mulyana and Sri Wulandari, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Hewan 3D Sebagai Media Pembelajaran Anak – Anak,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 6, no. 2, pp. 203–213, 2023, doi: 10.36595/jire.v6i2.986.

K. E. Ardiani, “Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 26–35, 2022, doi: 10.23887/jppp.v6i1.45159.

T. Rachman and H. I. Awab, “Development of Android-Based Augmented Reality Learning Media on the Introduction of Geometry Material for Kindergarten Students,” Int. J. Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 29–36, 2024.

D. Hidayat and D. Irfan, “Rancang Bangun Aplikasi Denah Kampus Universitas Negeri,” vol. 6, no. 2, 2018.

I. M. Efendy Warmanto, A. Lahinta, and M. S. Tuloli, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking,” Diffus. J. Syst. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 13–23, 2021.

R. Marasabessy, A. Hasanah, and D. Juandi, “Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika,” Equal. J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 1–20, 2021, doi: 10.46918/equals.v4i1.874.

Downloads

Article History

Submitted: 13-06-2024
Published: 12-07-2024
Pages: 90-98

PlumX Metrics

How to Cite

Ratu, A., & Talakua, A. C. (2024). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 3(2), 90–98. https://doi.org/10.56211/sudo.v3i2.529

Issue

Section

Articles