Analisis Tingkat Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Bagi Remaja di MTS Ex PGA Proyek UNIVA Medan

Abstract Views: 622   PDF Downloads: 751

Authors

  • Nuraisyah Wulandari Panjaitan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Syahrida Suryani Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Faradillah Faradillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Yayang Nisrina Putri Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Arsri Ayunita WK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Dea Riski Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Alya Az zahra Sibuea Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56211/pubhealth.v1i1.37

Keywords:

Pengetahuan; Gizi seimbang; Remaja; Anemia

Abstract

Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Gizi seimbang menjadi cara tepat yang dapat dipraktikkan oleh remaja untuk memenuhi peningkatan zat gizi dan untuk mencapai status gizi serta kesehatan yang optimal. Masalah yang sering terjadi di kalangan remaja saat ini adalah kekurangan gizi mikro yang biasa disebut dengan anemia. Tingkat pengetahuan seseorang berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam pemilihan makanan yang selanjutnya juga akan berpengaruh pada keadaan gizi orang tersebut. Remaja sebagai generasi penerus bangsa berperan penting untuk kemajuan negara di masa yang akan datang dengan menjadi generasi sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat pengetahuan tentang gizi seimbang dan prinsip-prinsip yang harus diperhatikan agar dapat menjaga kesehatan tubuh remaja di MTS EXPGA Proyek UNIVA Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan crosssectional dengan memberikan pre-test, pemberian materi dan post-test. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang dengan distribusi jenis kelamin laki-laki sebanyak (53,3%) dan perempuan sebanyak (46,7%) dalam kategori usia 12-15 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan remaja tentang gizi seimbang yang baik bagi tubuh masuk ke dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dalam menjawab pre-test dan post-test. Tingkat pengetahuan semakin meningkat dari 82,7% menjadi 98,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnesia, D. (2020). Peran pendidikan gizi dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang pada remaja di SMA YASMU Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Academics In ActionJournalofCommunityEmpowerment, 1(2), 64-76.

Astuti, Apriliani Kuntoro. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini di PaudPurwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Scholaria,6(3), 264-272.

Atmarita. (2012). Masalah Anak Pendek di Indonesia dan Implikasinya terhadap Kemajuan Negara. Gizi Indonesia, 35(2):81-96.

Damayanti, A. Y., Setyorini, I. Y., & Fathimah, F. (2018). Gambaran Tingkat Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Santriwati Remaja Putri di Pondok Pesantren. Darussalam NutritionJournal, 2(2), 1-5.

Daningrat, W.D. (2015). Hubungan Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) dengan Kejadian Stunting pada Anak Usia 6-23 Bulan di Indonesia (Analisis Data Riskesdas, 2010).

Fikawati, Sandra. (2017). Gizi Anak dan Remaja. Depok:PT Raja Grafindo Persada.

Gustina, E., Abdussalam, F., & Saputra, W. (2018). Peningkatan Perilaku Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Phbs Di Desa Gondanglegi Dan Pucangan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 59-64.

Hoffman, D. J., Sawaya, A. L., Verreschi, I., Tucker, K.L. Roberts, S.B. 2000. Why are NutritionallyStuntedChildrenatIncreaseRiskofObesity? StudiesofMetabolic Rate and Fat Oxidation in ShantytownChildrenfrom Sao Paulo, Brazil. The American JournalofClinicalNutrition, 72: 702-707.

Irnani, H., & Sinaga, T. (2017). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan, praktik gizi seimbang dan status gizi pada anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(1), 58-64.

Litaay, Christina, dkk. (2021). Kebutuhan Gizi Seimbang. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Pahlevi, Andriani Elis. (2012). Determinan Status Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 122-126.

Ramadhani, K., & Khofifah, H. (2021). Edukasinya Gizi Seimbang sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan pada Remaja di Desa Bedingin Wetan pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kesehatan Global, 4(2), 66-74.

Zulaikha, Siti. (2012). Pendidikan Gizi dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Gizi.Jurnal Kesehatan Masyarakat. 7(2), 127-133.

Downloads

Published

2022-06-19

PlumX Metrics

How to Cite

Panjaitan, N. W., Hasibuan, S. S., Faradillah, F., Hasibuan, Y. N. P., WK, A. A., Anggraini, D. R., & Sibuea, A. A. zahra. (2022). Analisis Tingkat Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Bagi Remaja di MTS Ex PGA Proyek UNIVA Medan. PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), 57–62. https://doi.org/10.56211/pubhealth.v1i1.37

Issue

Section

Articles