Gambaran Sanitasi Lingkungan Terhadap Sarana Air Bersih dan Jamban Keluarga di Kelurahan Sukaraja

Abstract Views: 909   PDF Downloads: 1262

Authors

  • Cindy Annisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Susilawati Susilawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56211/pubhealth.v1i1.46

Keywords:

Sanitasi Lingkungan; Air Bersih; Jamban Sehat

Abstract

Kegiatan sanitasi lingkungan sangat diperlukan tujuannya agar dapat memiliki lingkungan yang sehat bagi seluruh makhluk hidup yang ada didalamnya, karena lingkungan sehat dapat berpengaruh terhadap kualitas hidup dan derajat kesehatan masyarakatnya. Pentingnya akan upaya sanitasi lingkungan banyak masyarakat yang masih belum memandang pentingnya sarana air bersih dan jamban keluarga sebagai suatu kebutuhan bagi kesehatan. Masyarakat yang tinggal di di Kelurahan Sukaraja bantaran sungai masih memanfaatkan air Sungai Deli untuk kebutuhan sehari-hari. Kondisi di Kelurahan Sukaraja terkait ketersedian air bersih belum baik ini dikarenakan adanya permalasahan belum ada saluran air dari PDAM dan jamban keluarga dirumah warga. Penelitian ini bertujuan untuk membantu memberi gambaran terhadap kondisi sanitasi lingkungan terhadap sarana air bersih dan jamban keluarga di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Medan Maimun, Medan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh dengan mewawancarai masyarakat Kelurahan Sukaraja. Berdasarkan hasil observasi, bahwa masyarakat di Kelurahan Sukaraja sudah memiliki akses sarana air bersih tapi tidak semua rumah menggunakannya dikarenakan adanya kendala, dan tidak semua masyarakatnya menggunakan air PDAM, ada yang menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari. Serta masyarakat di Kelurahan Sukaraja masih ada yang belum memiliki jamban keluarga sesuai dengan standart kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Celesta, A. G., & Fitriyah, N. (2019). Gambaran Sanitasi Dasar Di Desa Payaman, Kabupaten Bojonegoro Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 11(2), 83-90.

Dedi Mahyudin Syam, dkk. (2017). Hubungan Penggunaan Sarana Air Bersihdan Jamban Keluarga dengan KejadianSchistosomiasis di Kecamatan Lindu.Jurnal Higiene Volume 3, No. 3, September-Desember 2017. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:s-l7zz6BBtsJ:journal.uinalauddin.ac.id/index.php /higiene/article/down load/4749/4286+&cd=6&hl=id&ct=clnk&gl=id

Devy, S. R., Nadhiroh, S. R., Rahmayanti, R. D., & Martini, S. (2017). Gambaran Sarana Air Bersih dan Jamban Keluarga di Daerah Tertinggal Kabupaten Sampang. IPTEK Journal of Proceedings Series, 3(5).

Dismo Katiandagho dan Darwel.2015. Hubungan Penyediaan Air Bersih Dan Jamban Keluargadengan Kejadian Diare Pada Balita Di Desa Malakecamatan Manganitu Tahun 2015. Jurnal Sehat Mandiri, Volume 14 No 2 Desember2019.

Hayati, R., Irianty, H., & Mahmudah, M. (2021). Gambaran Kondisi Jamban Keluarga, Sarana Air Bersih Dan Pola Konsumsi Air Pada Masyarakat Kelurahan Surgi Mufti. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 8(1), 73-78.

Kementerian Kesehatan RI . 2010. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1529 tahun 2010 tentang Pedoman Umum Pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kholilah Samosir K, Ramadhan Fs, Peranan perilaku dan dukungan toma terhadap kepemilikan jamban sehat di tanjung pinang, Jurnal kesehatan, http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs.

Marjuni. "Hubungan Kondisi Sarana Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas Ii A Sungguminasa". Media Komun Sivitas Akad Dan Masy. 2020, Vol 20(1)

Meri, F & Dewi, R.R.K. 2020. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepemilikan Jamban Sehat Oleh Rumah Tangga di Indonesia. Jurnal Jumantik, (LITERATUR REVIEW). http://openjurnal.unmuhpnk. ac.id/index.php/J JUM/article/view/2558

Novitry F, Agustin R., 2019, Determinan kepemilikan jamban sehat di desa sukomulyo martapura Palembang , , Aisyah;jurnal ilmu kesehatan. Daftar pustaka ditulis sesuai aturan penulisan Vancouver Style dengan menggunakan aplikasi referensi standar seperti Endnote, Mendeley, Zotero, RefWorks.

Parinduri, Fadiah Arifah. Tradisi MCK Warga Masyarakat Di Bantaran Sungai Deli Medan. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Republik Indonesia. 2014. Peraturan Pemerintah RI Nomor 66 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Perpres RI.

Triyono, A. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Buang Air Besar Masyarakat Nelayan Di Kampung Garapan Desa Tanjung Pasir Kabupaten Tangerang Propinsi Banten. Forum Ilmiah. Volume 11 Nomor 3, September 2014. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Wandansari A.P. (2013). Kualitas Sumber Air Minum dan Pemanfaatan Jamban Keluarga dengan Kejadian Diare. Unnes Journal of Public Health, Semarang.

Downloads

Published

2022-06-24

PlumX Metrics

How to Cite

Annisa, C., & Susilawati, S. (2022). Gambaran Sanitasi Lingkungan Terhadap Sarana Air Bersih dan Jamban Keluarga di Kelurahan Sukaraja. PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), 85–90. https://doi.org/10.56211/pubhealth.v1i1.46

Issue

Section

Articles