Pengaruh Penambahan Abu Tandan Sawit dan 12% Serbuk Cangkang Telur Terhadap Stabilisasi Tanah Lempung Ditinjau Dari Nilai CBR dan UCT

Abstract Views: 119   PDF Downloads: 132

Authors

  • Muthiah Putrilan Syamnah Harahap Universitas Sumatera Utara, Medan
  • Derry Wiliyanda Nasution Universitas Sumatera Utara, Medan
  • Ika Puji Hastuty Universitas Sumatera Utara, Medan
  • Roesyanto Roesyanto Universitas Sumatera Utara, Medan
  • Anisa Nuraliman Universitas Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56211/blendsains.v2i2.328

Keywords:

Lempung; UCT; CBR; Abu Tandan Sawit; Serbuk Cangkang Telur

Abstract

Tanah lempung yang mempunyai kuat geser yang rendah perlu distabilisasikan agar memenuhi syarat teknis untuk dijadikan sebagai tanah dasar. Dalam penelitian ini digunakan penambahan serbuk cangkang telur (SCT) dan abu tandan sawit (ATS) sebagai bahan stabilisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai index properties, pengaruh penambahan bahan stabilisasi pada tanah lempung, untuk mengetahui kadar penambahan ATS dan SCT yang efektif untuk daya dukung tanah melalui pengujian Unconfined Compression Test (UCT) dan California Bearing Ratio (CBR) laboratorium tak terendam. Penelitian ini juga diharapakan dapat menjadi solusi untuk mengurangi limbah ATS dan SCT yang semakin banyak di Indonesia. Dari hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan klasifikasi USCS, sampel tanah tersebut termasuk dalam jenis (CL) sedangkan berdasarkan klasifikasi AASHTO, sampel tanah tersebut termasuk dalam jenis A-7-6. Hasil penelitian menunjukkan berbagai variasi ATS dengan waktu pemeraman 3 (tiga) hari mengalami kenaikan dan penurunan terhadap nilai UCT dan CBR dengan presentase SCT yang tetap. Nilai UCT pada tanah asli sebesar 1,007 kg/cm² dan nilai CBR laboratorium sebesar 3,94% untuk CBR tak terendam. Dengan nilai paling maksimum terjadi pada variasi campuran 12% SCT+ 10% ATS yaitu dengan nilai SCT sebesar 2,804 kg/cm² dan dari hasil uji CBR laboratorium didapat nilai maksimum pada variasi campuran 12% SCT + 10% ATS dimana nilai CBR tak terendam (unsoaked) sebesar 7,83%. Dari hasil penelitian, variasi tanah campuran ini dapat meningkatkan stabilitas tanah sehingga dapat digunakan untuk konstruksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. A. Berliano, “KAJIAN TEKNIS PERBAIKAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN METODE KOMBINASI VACUUM DAN PRELOADING DENGAN PVD DAN PHD PADA AREA CONTAINER YARD PELABUHAN TERMINAL KIJING KALIMANTAN BARAT,” 2020.

V. Ananda Upa’ and N. Hakim, “Analisis Kekuatan dan Stabilitas Tanah Lempung Organik Artifisial Untuk Perencanaan Jalan dengan Beban Lalu Lintas Tinggi,” 2019.

Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Statistik Perkebunan Unggulan Nasional. 2021.

J. Supriatna, M. R. Setiawati, R. Sudirja, C. Suherman, and X. Bonneau, “Composting for a More Sustainable Palm Oil Waste Management: A Systematic Literature Review,” Scientific World Journal, vol. 2022. Hindawi Limited, 2022. doi: 10.1155/2022/5073059.

H. Evanuarini, Industri Pengolahan Telur. UB Press, 2021.

W. Fathonah and E. Mina, “Pemanfaatan Serbuk Cangkang Telur Sebagai Bahan Stabilisasi Tanah dan Pengaruhnya Terhadap Nilai California Bearing Ratio (CBR)”.

C. R.F, Mekanika Tanah, Empat. Erlangga, 1989.

Braja. M. Das and N. Endah, Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis). Erlangga, 1985.

R. E. Grim, Clay mineralogy, 2nd ed. McGraw-Hill, 1968.

J. Bowles, Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Erlangga, 1984.

R. Dwi Putri Ananda et al., “Potensi dan karakteristik abu tandan kosong kelapa sawit sebagai katalis heterogen untuk produksi biodiesel Potential and characteristics of oil palm empty fruit bunches as a heterogeneous catalyst for biodiesel production,” 2023.

E. T. Utami, H. F. Tambunan, and I. R. U. Simanjuntak, “Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Abu Terbang (Fly Ash),” 2021.

H. C. Hardiyatmo, Mekanika Tanah, Ketiga. Gadjah Mada University Press, 2002.

A. Gasruddin and A. R. Kusnadi, “PENGUJIAN KUAT TEKAN BEBAS (UNCONFINED COMPRESSION TEST) PADA STABILISASI TANAH LUNAK MENGGUNAKAN CAMPURAN KAPUR ALAM DAN ABU SEKAM PADI,” 2018.

A. Ghea Mahardika and M. F. Pratama, “PENGUJIAN PEMADATAN TANAH METODE STANDARD PROCTOR DENGAN ALAT UJI PEMADAT STANDARD,” 2020.

Downloads

Published

2023-08-31

PlumX Metrics

How to Cite

Harahap, M. P. S., Nasution, D. W., Hastuty, I. P., Roesyanto, R., & Nuraliman, A. (2023). Pengaruh Penambahan Abu Tandan Sawit dan 12% Serbuk Cangkang Telur Terhadap Stabilisasi Tanah Lempung Ditinjau Dari Nilai CBR dan UCT. Blend Sains Jurnal Teknik, 2(2), 156–167. https://doi.org/10.56211/blendsains.v2i2.328

Issue

Section

Teknik Sipil