Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Pernafasan Hewan Berbasis 3D Augmented Reality
Abstract Views: 609   PDF Downloads: 487DOI:
https://doi.org/10.56211/sudo.v3i1.469Keywords:
Augmented Reality; Marker; Vuforia SDK
Abstract
Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dunia maya secara real-time, menawarkan pengalaman interaktif yang mendalam. Penelitian ini berangkat dari masalah menurunnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh visualisasi materi pembelajaran sistem pernapasan hewan yang kurang menarik. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mempermudah visualisasi materi tersebut sehingga siswa dapat belajar dengan lebih interaktif dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Software Development Life Cycle (SDLC), yang meliputi tahapan perancangan sistem, pembuatan database Vuforia, pengembangan model 3D sistem pernapasan hewan, hingga pembuatan aplikasi media pembelajaran menggunakan Unity. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Android berbasis AR yang mampu menampilkan model 3D sistem pernapasan hewan melalui penanda kertas, yang kemudian ditampilkan pada layar perangkat Android lengkap dengan penjelasan mengenai organ-organ pernapasan. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dapat meningkat secara signifikan, menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan mendukung pembelajaran aktif serta menyenangkan.
Downloads
References
L. Sifah, “Anak Malas Belajar karena Kecanduan Gadget? Ini Solusinya,” Kompasiana, 2022.
M. K. Dian, Jarot Susatyono S.Kom., “Apa Itu Augmented Reality dan Contohnya?,” Universitas Stekom, 2022.
H. Ardiansyah, I. G. P. Sindu, and I. M. Putrama, “Pengembangan Video Pembelajaran PPKn Untuk Pengenalan Suku Dan Budaya Indonesia (Studi Kasus : Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Singaraja),” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 8, no. 2, p. 319, 2019, doi: 10.23887/karmapati.v8i2.18386.
C. Kustandi, M. Farhan, A. Zianadezdha, A. K. Fitri, and N. A. L, “Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran,” Akademika, vol. 10, no. 02, pp. 291–299, 2021, doi: 10.34005/akademika.v10i02.1402.
R. Ananda, “Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota,” Jurnal Basicedu, vol. 1, no. 1, pp. 21–30, 2017, doi: 10.31004/basicedu.v1i1.149.
X. S. Rambing, V. Tulenan, and X. B.N. Najoan, “Virtual Reality Berbasis Video 360 Derajat pada Tari-Tarian Adat Suku Minahasa,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 11, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.11.1.2017.16976.
S. Sahuni, I. Budiningsih, and L. M. P, “Interaction of Learning Media With Learning Interest in Arabic Learning Outcomes,” Akademika, vol. 9, no. 02, pp. 43–52, 2020, doi: 10.34005/akademika.v9i02.871.
Budiartawan, “Apa itu Augmented Reality?,” Undiksha, 2022.
Dieter Schmalstieg and T. Hollerer, Augmented Reality: Principles and Practice. Addison-Wesley Professional, 2018.
Unity, “Vuforia SDK overview,” 2017.
P. Siwi Purwanti, M., Sains Dasar. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, 2021.
I. N. Q. Aini, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 178, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1875.
B. Setyawan, “Augmented Reality Dalam,” Kwangsan, Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 07, no. 01, pp. 78–90, 2019.
F. NKD, “Tahapan SDLC (Software Development Life Cycle): Pengertian & Modelnya,” 2021.
B. C. R. Sigiro, “Bonifasius Chandra Rotua Sigiro,” medium, 2022.
Dicoding, “Contoh Use Case Diagram Lengkap dengan Penjelasannya,” 2021.
Dewaweb.com, “Flowchart: Pengertian, Fungsi, dan Simbol yang Perlu Diketahui,” 2023.
Downloads
Article History
Pages: 31-40
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fahrul Advis Kafilahudin, Mutaqin Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada sudo Jurnal Teknik Informatika menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam sudo Jurnal Teknik Informatika dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
"Penulis mengakui bahwa sudo Jurnal Teknik Informatika berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0"
"Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada sudo Jurnal Teknik Informatika."
"Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku."
Most read articles by the same author(s)
- Bondan Surya Nusantara, Mutaqin Akbar, Klasifikasi Penyakit Tuberculosis Berdasarkan Citra Rontgen Thorax Menggunakan Multi-Scale Convolutional Neural Network , sudo Jurnal Teknik Informatika: Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Maret