Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Material Bangunan Menggunakan Metode Least Squares Berbasis Android

Abstract Views: 281   PDF Downloads: 440

Authors

  • Rizki Ramadhan Universitas Harapan Medan, Medan
  • Rachmat Aulia Universitas Harapan Medan, Medan
  • Risko Liza Universitas Harapan Medan, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i3.126

Keywords:

Peramalan; Android; Least Squares

Abstract

Perusahan tersebut adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan material bangunan. Transaksi yang terdapat dalam perusahaan tersebut cukup banyak, sehingga menimbulkan permasalahan tidak singkronnya informasi yang berkaitan dengan stok bahan material. Misalnya terjadinya kekurangan stok bahan material saat proses transaksi penjualan. Hal ini dikarenakan tidak ada sistem untuk membantu perencanaan menyediakan stok material bangunan pada bulan dan tahun berikutnya. Maka dari itu peneliti ingin membangun aplikasi yang dapat menyelesaika masalah pada perusahaan tersebut dengan merancang program yang digunakan untuk memprediksi (meramalkan) terkait penyediaan stok dibulan berikutnya menggunakan metode least squares. Metode least squares adalah salah satu metode pendekatan yang paling penting dalam dunia ke teknikan untuk regresi ataupun pembentukan persamaan dari titik-titik data diskretnya. Keuntungan menggunakan metode least squares dapat melakukan peramalan penjualan di masa mendatang dengan menggunakan data yang ada di masa lampau. Selanjutnya metode ini diharapkan berjalan dengan baik sehingga dapat membantu perusahaan dalam menyediakan stok material dengan tepat tanpa kendala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ceryna, N. K. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android. Sintech Journal, 100-107.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). urnal Khatulistiwa Informatika, 4, 107-116.

Khairiyah, R. M. (2018). Perbandingan Metode Kuadrat Terkecil Dan Metode Bayes Pada Model Regresi Linier Dengan Galat Yang Autokorelasi. Jurnal Matematika, 7, 115-124.

Latief, M. (2016). Pendekatan Database Untuk Manajemen Data Dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Mengaplikasikan Konsep Basis Data. Junal Sistem Informasi, 2, 231-238.

Leni Natalia Zulita, Tengku Mohd Diansyah, Rachmat Aulia. (2020). Implementation Of Promethee Method For Employe Performance Assessment System. Jurnal of Physics, 012-025.

Isna Choina, Rachmat Aulia, Ahmad Zakir. (2020). Penerapan Algoritma ID 3 Untuk Menyeleksi Pegawai Kontrak Di Kantor Pengadilan Kota Lansa. Jurnal Teknik Komputer, 5.

Rachmat Aulia (2015). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Di STTH Medan. Jurnal Academica.

Setiawan, W. N. (2020). Perancangan Sistem Informasi Inventory Laboratorium Komputer Universitas Pgri Semarang Berbasis Web. Science And Engineering, 5, 818-824.

Sutopo, P. (2016). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 Di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika, 11, 23-28.

Saipul, Anwar. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru dan Pengisian Kartu Rencana Studi (Krs) Amik Wahana Mandiri Berbasis Web Mobile

Downloads

Published

2022-10-18

PlumX Metrics

How to Cite

Ramadhan, R., Aulia, R., & Liza, R. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Material Bangunan Menggunakan Metode Least Squares Berbasis Android. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(3), 111–120. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i3.126