Penerapan Logika Fuzzy Sugeno dalam Keputusan Jumlah Produksi Berbasis Website
Abstract Views: 1530   PDF Downloads: 1203DOI:
https://doi.org/10.56211/helloworld.v2i2.297Keywords:
Logika Fuzzy; Sugeno; Keputusan Produksi; Jumlah Produksi
Abstract
Fuzzy Sugeno merupakan metode logika fuzzy yang digunakan untuk pengambilan keputusan dengan aturan IF-THEN. Metode ini memodelkan hubungan antara input dan output menggunakan fungsi keanggotaan fuzzy dan implikasi. Kelebihan Fuzzy Sugeno terletak pada kemampuannya menghasilkan output numerik berdasarkan kombinasi linier input. Metode ini sering digunakan dalam sistem kontrol dan pengambilan keputusan di berbagai bidang seperti industri, keuangan, dan kecerdasan buatan. Dalam penelitian ini, Fuzzy Sugeno diimplementasikan melalui website dinamis, memungkinkan pengguna mengatur nilai awal permintaan, persediaan, dan produksi untuk berbagai kasus, dengan syarat variabel awal terpenuhi.Berdasarkan analisis dan pengujian, aplikasi ini mencapai tingkat kebenaran sebesar 99.9876%, dengan tingkat kesalahan sekitar 0.0124% dibandingkan dengan perhitungan manual. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut menghasilkan hasil yang mendekati nilai manual dengan tingkat kesalahan yang sangat rendah.
Downloads
References
J. Warmansyah and D. Hilpiah, “Penerapan metode fuzzy sugeno untuk prediksi persediaan bahan baku,” Teknois: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, vol. 9, no. 2, pp. 12–20, 2019.
A. D. Saputri, R. D. Ramadhani, and R. Adhitama, “Logika Fuzzy Sugeno untuk Pengambilan Keputusan dalam Penjadwalan dan Pengingat Service Sepeda Motor,” Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), vol. 2, no. 1, pp. 49–55, 2019.
J. Salendah, P. Kalele, A. Tulenan, and J. S. R. Joshua, “Penentuan Beasiswa Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Web Scholarship Determination Using Web Based Fuzzy Tsukamoto Method,” in Proceeding Seminar Nasional Ilmu Komputer, 2022, pp. 81–90.
W. Ilham and N. Fajri, “Penentuan jumlah produksi tahu dengan menggunakan metode fuzzy tsukamoto pada UKM abadi berbasis web,” Jurnal Digit, vol. 10, no. 1, pp. 71–82, 2020.
S. Hajar, M. Badawi, Y. D. Setiawan, M. N. H. Siregar, and A. P. Windarto, “Prediksi Perhitungan Jumlah Produksi Tahu Mahanda dengan Teknik Fuzzy Sugeno,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), vol. 4, no. 1, pp. 210–219, 2020.
S. A. Siallagan and W. Sahara, “Penerapan Fuzzy Sugeno dalam Usaha Roti Ketawa,” Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), vol. 1, no. 2, pp. 73–76, 2020.
E. O. M. Sirait, O. M. Sitohang, and N. Diyanti, “Penerapan Logika Fuzzy Metode Sugeno untuk Menentukan Jumlah Produksi Keripik Kentang Usaha Rumahan Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan,” Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), vol. 1, no. 3, pp. 93–98, 2020.
D. Aldo, “identifikasi jumlah produksi produk dengan metode fuzzy tsukamoto berbasiS WEB,” JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen), vol. 7, no. 1, pp. 49–59, 2019.
S. Agraini, “Penerapan Fuzzy Logic Tsukamoto Untuk Menentukan Jumlah Produksi Batubara Pada PT. Tribakti Sarimas Berbasis Web,” JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK), vol. 2, no. 2, pp. 283–295, 2019.
R. Ilham and H. Fryonanda, “Perancangan Prediksi Produksi Teh Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Web,” JITSI: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 16–22, 2023.
Downloads
Article History
Pages: 102-109
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Danang Rifai, Farid Fitriyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Hello World Jurnal Ilmu Komputer menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Hello World Jurnal Ilmu Komputer dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
"Penulis mengakui bahwa Hello World Jurnal Ilmu Komputer berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0"
"Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Hello World Jurnal Ilmu Komputer."
"Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku."