Perancangan Sistem Antrian pada Wahana Hiburan dengan Metode First In First Out (FIFO)

Abstract Views: 728   PDF Downloads: 688

Authors

  • Indah Purnama Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
  • Ismail Hanif Batubara Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
  • Fanny Ramadhani Universitas Negeri Medan, Medan
  • Sumita Wardani Universitas Prima Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56211/sudo.v1i3.93

Keywords:

Antrian; FIFO; Pelayanan; C

Abstract

Kita sering menjumpai antrian di tempat-tempat yang menyediakan layanan publik, seperti restoran cepat saji, kantor pos, supermarket, taman hiburan, dan banyak lagi. Distribusi kedatangan, distribusi waktu pelayanan, fasilitas pelayanan, disiplin pelayanan, ukuran antrian, dan sumber panggilan merupakan elemen penting dari sistem antrian. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan pelayanan yang optimal sehingga pelayanan pengunjung pada wahana hiburan menjadi lebih efektif, efesien,dan memuaskan para pengunjung yang datang ke wahana tersebut. Antrian terjadi ketika ada pelanggan yang harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan. Suatu proses antrian adalah suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan seorang pelanggan pada suatu fasilitas pelayanan, kemudian menunggu dalam suatu baris (antrian) jika pelayanannya sibuk dan akhirnya meninggalkan fasilitas tersebut setelah dilayani. Penelitian ini menghasilkan sistem antrian dengan metode FIFO (First In First Out) dengan menggunakan c++. Dari data ini dapat dilihat bahwa pelayanannya sangat cepat dan tingkat kedatangan pelanggan sangat lambat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonius purba and Insan taufik. 2018 . “Penerapan Sistem Antrian Registrasi Dengan Metode Multi Channel-Multi Phase”. Jurnal Penelitian Teknik Informatika.1(2).

Cipta. 2018. “Simulasi Antrian Pelayanan Pasien”. Jurnal Matematika Dan Terapan”. 1 (1).

Fadlilah and Rahmawati . 2017.”Sistem Antrian Pada Pelayanan Customer Service PT.BANK X”. Jurnal Gaussian. 6(1).

Hariyanto, B. 2004. Sistem Manajemen Basis data. Bandung: Informatika Bandung.

Hariyanto, B. 2007. Rekayasa Sistem Berorientasi Objek. Bandung : Informatika

Hasan, I. (2010). “Model Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian (Queuing System)”. Jurnal Keuangan dan Perbankan.

Indah Purnama Sari, Fanny Ramadhani. “Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kewirausahaan Pada Aplikasi Perancangan Jual Beli Jamu Berbasis WEB”. 2021. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan 2(1), 874-878, 2021

Indah Purnama Sari, Ismail Hanif Batubara. “Perancangan Sistem Informasi Laporan Keuangan Pada Apotek Menggunakan Algoritma K-NN”. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora 1 (1), 692-698, 2021.

Indah Purnama Sari, Ismail Hanif Batubara. “User Interface Information System For Using Account Service Web-Based”. International Journal of Economic, Technology and social sciences (Injects) 2 (2), 462-469, 2021.

Jogiyanto, H. 2002. Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : CV.Andi Offset

Jogiyanto, H. 2005. Analisa & Desain. Yogyakarta: Andi Ofset.

Kusrini dan Kaniyo. 2007. Tuntutan Praktis Membangun sistem informasi Akuntasi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Ladjamuddin. 2004. Konsep Sistem Basis Data dan Implementasinya. Yogyakarta : Graha Ilmu

Nugroho, A. 2005. Konsep Pengembangan Sistem Basis Data. Bandung : Informatika.

Nurjaman et al. 2012.”Simulasi Monte Carlo untuk pelayanan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan bermotor”. Jurnal STT. 9(1).

Praba Martha et al. 2012. “Analisis Sistem Antrian Pada Loket Pembayaran Pt.Pln”. Research Gate.

Prihati . 2012 . Simulasi Dan Permodelan Sistem Antrian Pelanggan di loket pembayaran Rekening. Majalah Ilmiah Informatika.3(3).

Ratnasari and Rahadia. 2018. Pemodelandan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Konsumen Gerai MCD Solo Grand Mall dengan Arena. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC.

Sentia et al. 2016 . “Pendekatan Simulasi Untuk Analisis Antrian Pada Bengkel Servis Pt. X.” Jurnal Optimasi Sistem Industri.15(2).

Wahyono, T. 2004. Sistem Informasi (Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

28-07-2022

PlumX Metrics

How to Cite

Sari, I. P., Batubara, I. H., Ramadhani, F., & Wardani, S. (2022). Perancangan Sistem Antrian pada Wahana Hiburan dengan Metode First In First Out (FIFO). Sudo Jurnal Teknik Informatika, 1(3), 116–123. https://doi.org/10.56211/sudo.v1i3.93

Most read articles by the same author(s)