Penerapan Metode Extreme Programming pada Perancangan UML Sistem Informasi Penggajian Karyawan

Abstract Views: 460   PDF Downloads: 399

Authors

DOI:

https://doi.org/10.56211/blendsains.v2i3.313

Keywords:

Extreme Programming; Sistem Informasi Penggajian Karyawan; UML; Perancangan; Analisis Kebutuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Extreme Programming (XP) pada perancangan UML (Unified Modeling Language) sistem informasi penggajian karyawan. Sistem informasi penggajian karyawan adalah suatu sistem yang penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan, memastikan bahwa gaji karyawan dibayar dengan akurat dan tepat waktu. Metode perancangan ini melibatkan beberapa tahap, termasuk analisis kebutuhan penggajian karyawan, perancangan struktur sistem, dan perancangan alur proses penggajian. UML digunakan sebagai alat perancangan utama, dengan menggunakan diagram Use Case untuk mengidentifikasi fungsi dan interaksi antara pengguna sistem, diagram Class untuk mendefinisikan entitas dan atribut yang terlibat, dan diagram Activity untuk menggambarkan alur langkah-langkah dalam proses penggajian. Penerapan metode XP pada perancangan UML sistem informasi penggajian karyawan memberikan beberapa manfaat. Pertama, melalui praktik perencanaan yang adaptif, tim dapat secara fleksibel menyesuaikan perubahan kebutuhan atau prioritas yang muncul selama proses pengembangan. Dengan menerapkan metode Extreme Programming (XP) pada perancangan UML (Unified Modeling Language) sistem informasi penggajian karyawan diharapkan dapat menghasilkan sistem yang efisien, terstruktur dengan baik, dan mudah dipahami. Rancangan sistem ini dapat menjadi panduan bagi pengembang dalam mengimplementasikan sistem penggajian karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan menggunakan UML, kesalahan dan kekurangan dalam perancangan dapat diidentifikasi sebelum implementasi, sehingga mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan efisiensi dalam penggajian karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fajar Mahardika,
ITS NU Pekalongan, Pekalongan

 

 

 

 

Sania Galuh Merani,
ITS NU Pekalongan, Pekalongan

 

 

Akrim Teguh Suseno,
ITS NU Pekalongan, Pekalongan

 

 

References

N. Edwin Kiky Aprianto, “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis,” Int. J. Adm. Bus. Organ. |, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2021, [Online]. Available: https://ijabo.a3i.or.id

Indah Novianti and dkk, “Peran Teknologi Informasi Pada Perubahan Organisasi Dan Fungsi Akuntansi Manajemen,” J. Ris. Akunt. Dan Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 47–58, 2021.

M. Muanas, M. Effendy, I. Mulia, and ..., “Pendampingan Penerapan Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Di PT Sanshiro Harapan Makmur,” J. Abdimas …, vol. 3, no. 1, pp. 9–18, 2022, doi: 10.37641/jadkes.v3i1.1386.

J. Jones, H. Karamoy, and S. Pangerapan, “Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Dalam Rangka Meningkatkan Pengendalian Intern Pada Pt. Sarana Sulut Ventura,” Going Concern J. Ris. Akunt., vol. 15, no. 3, p. 456, 2020, doi: 10.32400/gc.15.3.30177.2020.

S. Ayu and M. Pratiwi, “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dalam Upaya Pengendalian Internal Pada Online,” Maqdis J. Kaji. Ekon. Islam, vol. 6, no. 2, pp. 32–45, 2018, [Online]. Available: https://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/year/2020/docId/4569

Y. Intishar and . M., “Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penggajian,” J. Ilm. Akunt. Kesatuan, vol. 6, no. 2, pp. 094–103, 2018, doi: 10.37641/jiakes.v6i2.136.

M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, p. 70 halaman, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/240

Ichsan Raksa Gumilang, “Penerapan Metode Sdlc (System Devlopment Life Cycle) Pada Website Penjualan Produk Vapor,” Jural Ris. Rumpun Ilmu Tek., vol. 1, no. 1, pp. 47–56, 2022, doi: 10.55606/jurritek.v1i1.144.

M. T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 1, pp. 126–129, Jan. 2018, doi: 10.30591/JPIT.V3I1.765.

R. Sastra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

N. Afni, R. Pakpahan, and A. Rezky Jumarah, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DENGAN IMPLEMENTASI METODE WATERFALL,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 2, p. p-ISSN, Dec. 2019, doi: 10.31294/JKI.V7I2.6629.

S. Yahya and F. Mahardika, “Penerapan Rapid Application Development Dan Model Kano Dalam Pengembangan Sistem Informasi Geografis,” Progresif J. Ilm. Komput., vol. 19, no. 1, pp. 125–136, Feb. 2023, doi: 10.35889/PROGRESIF.V19I1.1050.

F. Mahardika,  Kabul, A. Purwanto, D. Intan, and S. Saputra, “Implementasi Metode Waterfall pada Proses Digitalisasi Citra Analog,” VOLT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 2, no. 1, pp. 63–72, Apr. 2017, doi: 10.30870/VOLT.V2I1.948.

S. Samsuri Yahya, Fajar Mahardika, Isep Saepudin, “Implementasi Metode Extreme Programming Pada Aplikasi Biro Jodoh Syari’ah Berbasis Mobile Android,” 2019. https://scholar.google.com/scholar?cluster=5277482863772736513&hl=en&oi=scholarr (accessed Mar. 12, 2023).

F. Mahardika et al., “Review FotoForensic.com dengan Teknik Eror Level Analysis dan JPEG untuk mengetahui Citra Asli,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 1, pp. 71–75, Jan. 2018, doi: 10.30591/JPIT.V3I1.690.

F. Mahardika, A. R. Naufal, and M. AL AMIN, “Desain UI dan UX dalam Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Extreme Programming,” Progresif J. Ilm. Komput., vol. 19, no. 1, pp. 105–116, Feb. 2023, doi: 10.35889/PROGRESIF.V19I1.1023.

F. Mahardika, M. Khoiri, and M. Al Amin, “Implementasi Extreme Programing pada Sistem Informasi Penggajian untuk Peningkatan Pelayanan kepada Karyawan,” 2023.

P. D. Sugiyono;, “Statistika untuk penelitian,” Alfabeta, Bandung, 2015. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=%28Sugiyono%2C+D.+%282015&btnG= (accessed Jan. 10, 2023).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Downloads

Published

2023-12-11

PlumX Metrics

How to Cite

Mahardika, F., Merani, S. G., & Suseno, A. T. (2023). Penerapan Metode Extreme Programming pada Perancangan UML Sistem Informasi Penggajian Karyawan. Blend Sains Jurnal Teknik, 2(3), 204–217. https://doi.org/10.56211/blendsains.v2i3.313

Issue

Section

Teknik Informatika