Penggunaan Aplikasi Edit Video Berbasis AI untuk Proyek Video News Anchor pada Mata Kuliah Speaking in Professional Context
Abstract Views: 63   PDF Downloads: 63DOI:
https://doi.org/10.56211/wahana.v3i1.569Keywords:
Aplikasi Video AI; Proyek Video; Speaking
Abstract
Artikel ini ditulis sebagai hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini dikhususkan bagi mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas swasta di Medan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ragam informasi penggunaan aplikasi edit video berbasis AI yang dapat dimanfaatkan mahasiswa dalam penyelesaian tugas proyek video khususnya dalam Mata Kuliah Speaking in Professional Context. Selama kegiatan, mahasiswa ditunjukkan ragam aplikasi video dan cara penggunaannya serta video news anchor yang dihasilkan dari salah satu aplikasi video. Berbagai macam aplikasi video seperti InVideo, Powtoon, Kinemaster, FilmoraGo, InShot, CapCut dan sebagainya yang populer dan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam pembuatan tugas proyek yang membutuhkan video sebagai produk akhir. Platform aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan teknologi AI untuk membantu pengguna membuat video yang menarik dan efektif. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian ini dibagi dalam beberapa sesi yaitu sesi eksplanasi dari pembicara, sesi uji coba praktik news anchor, dan sesi interaktif yaitu pemberian komentar. Implikasi praktis dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan metode yang lebih kreatif, inovatif, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengeksplor kreativitas khususnya yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi video. Selain itu, kegiatan ini dapat memberikan kontribusi literatur yang berkaitan dengan pemanfaatan aplikasi video dalam proses pembelajaran yang menghasilkan produk. Penggunaan ragam aplikasi video memberikan pengalaman praktis dalam mengaplikasikan teknologi AI dalam dunia nyata. Dengan demikian, penggunaan ragam aplikasi video AI dapat memberikan manfaat signifikan bagi mahasiswa dalam menghasilkan proyek video yang profesional dan efisien.
Downloads
References
Dubois, M. (2024). Top 15 Ide Kreatif Proyek Video untuk Siswa Segala Kalangan Usia. https://filmora.wondershare.co.id/video-editing-tips/video-project-ideas-for-students.html
Fajar. (2023). 12 Cara Edit Video Seperti Berita Di Android Gratis Dengan Mudah. https://digitalagency.id/blog/cara-edit-video-seperti-berita-di-android/
Siregar, F. A. (2023). 6 Aplikasi Editing Video di HP yang Mudah Digunakan Pemula. https://www.detik.com/sumut/berita/d-6614842/6-aplikasi-editing-video-di-hp-yang-mudah-digunakan-pemula
Teachmint. (2022). 5 Jenis Penugasan Video dalam Kelas Digital. https://blog.teachmint.com/intl/id-id/5-jenis-penugasan-video-dalam-kelas-digital/
Wijayanti, R. (2023). Berikut Sederet Aplikasi Edit Video Edukasi Termudah. https://bacakembali.com/2023/11/22/berikut-sederet-aplikasi-edit-video-edukasi-termudah/
Yasin, M. (2021). Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran. https://komnasdikkediri.or.id/artificial-intelligence-ai-untuk-mendukung-pembelajaran/
Downloads
Article History
Pages: 5-10
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yunita Mutiara Harahap, Wiki Tedi Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
"Penulis mengakui bahwa Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0"
"Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat."
"Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku."
Most read articles by the same author(s)
- Meida Rabia Sihite, Linda Astuti Rangkuti, Yunita Mutiara Harahap, Trauma Healing: English for Young Learners bagi Anak-Anak Terdampak Erupsi Gunung Sinabung , Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 2 (2022): Edisi Desember
- Yunita Mutiara Harahap, Wiki Tedi Rahmawati, Sofia Idawati Lubis, Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Renderforest Berbasis Pengajaran Blended Learning , Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 1 (2023): Edisi Juni
- Yunita Mutiara Harahap, Wiki Tedi Rahmawati, Pengenalan dan Pemanfataan Penggunaan Haiku Deck sebagai Aplikasi Presentasi Berbasis AI Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris , Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 2 (2023): Edisi Desember